Kepala Perpustakaan Angsana Hadiri Diskusi Kelompok Terpumpun Perpustakaan Nasional RI

img

Pada tanggal 7 Juni 2024, Kepala Perpustakaan Angsana SMK Kehutanan Negeri Makassar mengikuti kegiatan Diskusi Kelompok Terpumpun Wilayah Sulawesi, Maluku dan Papua Penyusunan Rancangan Awal Rencana Strategis (Renstra) Perpustakaan Nasional Tahun 2025-2029.

Kegiatan ini bertujuan untuk menjaring masukan, memotret permasalahan yang terjadi dan memetakan arah pengembangan perpustakaan ke depan, yang kemudian akan digunakan dalam penyempurnaan Rancangan Awal Teknokratik Renstra yang telah disusun, sehingga perencanaan yang disusun melalui
pendekatan holistik, integrasi, dan spasial. Kegiatan ini dilaksanakan berdasarkanPeraturan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2023 tentang Tata Cara Penyusunan Rencana Strategis Kementerian/Lembaga Tahun 2025-2029, maka Perpustakaan Nasional Republik Indonesia akan segera menyusun Rencana Strategis (Renstra) Tahun 2025-2029.


Undang-undang No. 43 Tahun 2007 menyebutkan bahwa Perpustakaan Nasional adalah Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK) yang melaksanakan tugas pemerintahan dalam bidang perpustakaan yang berfungsi sebagai perpustakaan pembina, perpustakaan rujukan, perpustakaan deposit, perpustakaan penelitian, perpustakaan pelestarian, dan pusat jejaring perpustakaan. Kementerian PPN/Bappenas menyusun Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2025-2045 dalam mendukung pelaksanaan Visi Indonesia Emas 2045, mewujudkan Indonesia sebagai "Negara Nusantara Berdaulat, Maju, dan Berkelanjutan". Pada rencana Pembangunan tersebut ditetapkan 8 agenda pembangunan nasional dengan 17 arah pembangunan.


Untuk itu, Perpustakaan Nasional wajib menyusun program dan kegiatan berdasarkan tugas dan fungsi untuk menunjang keberhasilan tujuan pembangunan nasional sesuai rencana RPJMN. Perpustakaan Nasional akan menyusun Rencana Strategis (Renstra) 2025-2029 melalui Diskusi Kelompok Terpumpun Penyusunan Rancangan Awal Rencana Strategis Perpustakaan Nasional Tahun 2025-2029 yang memuat rancangan program dan kegiatan yang akan dilaksanakan oleh Perpustakaan Nasional hingga tahun 2029.


Sesuai dengan amanat Peraturan Pemerintah No. 17 Tahun 2017 tentang Sinkronisasi Proses Perencanaan dan Penganggaran Pembangunan Nasional pasal 3 point b yaitu “Sinkronisasi perencanaan dan penganggaran pembangunan nasional dilakukan untuk meningkatan keterpaduan perencanaan dan penganggaran, yang lebih berkualitas dan efektif dalam rangka pencapaian sasaran pembangunan nasional sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) dengan menggunakan pendekatan tematik, holistik, integratif dan spasial.”. Mengacu pada Peraturan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2023 tentang Tata Cara Penyusunan Rencana Strategis Kementerian/Lembaga Tahun 2025-2029 Pasal 5 Ayat (4) disebutkan dalam rangka penyusunan Rancangan Teknokratik Renstra K/L menghimpun: a. hasil evaluasi pelaksanaan pembangunan di sektor yang sesuai dengan tugas dan kewenangannya; dan b. aspirasi Masyarakat. Dalam kepentingan ini Perpustakaan Nasional akan menyelenggarakan Diskusi Kelompok Terpumpun Penyusunan Rancangan Awal Rencana Strategis.


Kegiatan ini berlangsung selama 1 hari yaitu 7 Juni 2024 di Hotel Swiss - Belhotel Makassar, Jalan Ujung Pandang No 8 Makassar. Kegiatan dimulai oleh MC dengan mempersilakan peserta menduduki kursi yang masih kosong dan menyapa peserta yang hadir secara daring. Kemudian dilanjutkan dengan doa, lagu Indonesia Raya dan Mars Perpustakaan dan pembukaan kegiatan oleh Plt.Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulawesi Selatan, Dr.H.Asriady Sulaiman, SIP, M.Si , yang memberikan sambutan selamat datang. 


Sesi panel 1 disampaikan oleh dua panelis yaitu Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Direktur Agama, Pendidikan dan Kebudayaan, Didik Darmanto, S.Sos, MPA, memaparkan “Rancangan Teknokratik RPJMN 2025-2029 Urusan Perpustakaan”; yang hadir secara daring dan Plt. Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan Perpustakaan Nasional, Dr. Joko Santoso, M.Hum memaparkan “Rancangan Awal Teknokratik Rencana Strategis Perpustakaan Nasional Tahun 2025-2029”; Kegiatan ini dipandu oleh moderator, Ibu Imas Komariah, SE, M.Hum. Setelah panelis menyampaikan materi, dilanjutkan dengan diskusi sampai pukul 12.00 WITA. 


Sesi panel 2 dimulai pukul 13.00 WITA dengan menghadirkan 3 panelis yaitu Kepala Dinas Perpustakaan Kabupaten Sidenreng Rappang, Ahmad, SP, M.Si, memaparkan “Peran Perpustakaan Umum dalam Peningkatan Akreditasi dan Pengarus-utamaan Naskah Nusantara di Daerah”; Dosen Universitas Negeri Makassar, Dr. Hj. Asniar Khumas, S.Psi., M.Si, memaparkan “Peran Perpustakaan Perguruan Tinggi dalam Peningkatan Kegemaran Menbaca dan Budaya Literasi di Daerah”; dan Pegiat Literasi, Abdul Jalil, S.Pd, MH, memaparkan “Peran Pegiat Literasi dalam Peningkatan Kegemaran Menbaca dan Budaya Literasi di Masyarakat”;

Acara dipandu oleh moderator Ibu Nilma, S.Sos, M.M dilanjutkan dengan diskusi. Acara ditutup dengan kesimpulan dan rekomendasi serta foto bersama.




SOCIAL SHARE :

Waj'alna Lil Muttaqiina Imama

img

Perpustakaan Angsana

Waj'alna Lil Muttaqiina Imama

img

Perpustakaan Angsana

Waj'alna Lil Muttaqiina Imama

img

Perpustakaan Angsana